Beberapa tips cara merawat ikan koi dengan mudah

Beberapa tips cara merawat ikan koi dengan mudah

img by @bakuranku.com

Beberapa tips cara merawat ikan koi dengan mudah – Dalam perkembangannya, ikan koi menjadi salah satu usaha yang banyak peminatnya karena hasil yang didapat juga terbilang menguntungkan, baca juga artikel tentang peluang usaha ikan koi. Dalam usaha ikan koi mungkin hal yang sering jadi pertanyaan ialah bagaimana cara merawat ikan koi yang benar karena mungkin bagi sebagian peternak khususnya bagi yang pemula belum begitu tahu cara perawatan yang baik karena memang belum begitu banyak memiliki jam terbang dalam merawat koi namun bila kegiatan ini menjadi kegiatan sehari-hari dan terus dilakukan pastinya akan terbiasa dan akan lebih terasa mudah dari pada awal-awal saat belajar merawatnya.

Sebenarnya cara merawat ikan koi itu tidaklah terlalu rumit seperti yang dibayangkan hanya saja butuh ketelatenan dan kesabaran ekstra agar hasilnya juga memuaskan, okelah untuk mempersingkat waktu saya akan langsung memberikan cara perawatannya dengan baik dibawah ini.

Beberapa tips cara merawat ikan koi dengan mudah

Memilih kolam yang sesuai untuk ikan koi

Kolam yang baik memungkinkah kita mempermudah dalm proses perawatannya, untuk memelihara ikan koi sendiri bisa menggunakan kolam dari semen, tanah, terpal dan sebagainya yang penting areabya cukup luas dan jangan mencoba memelihara ikan koi dengan jumlah banyak di aquarium karena selain tempatnya sempit bisa berdampak yang tidak baik pada ikan itu sendiri, untuk ukuran minimal kolam sekitar 1.5 m x 2 m dengan kedalaman 50 sampai 80 cm, ingat jangan sampai kedalaman kolam terlalu dangkal karena bisa-bisa ikan koi akan terus menerus terkena sinar matahari dan itu tidak baik untuk tubuhnya sebab akan terlihat pucat dan juga pertumbuhannya terhambat.

Menggunakan air yang baik untuk kolam ikan koi

Dalam kolam untuk memelihara ikan koi dianjurkan menggunakan 4 filter atau penyaring empat lapis agar kualitas air selalu terjaga kebersihannya, berikut 4 filter yang dimagsud.

  • Penyaring yang pertama terdiri dari kerikil, pasir dan juga ijuk yang berfungsi sebagai penyaring sampah dan lumpur yang mungkin mengotori kolam.
  • Penyaring yang kedua bisa berupa karbon zeolit yang berfungsi sebagai penghilang racun, bau tak sedap dan membunuh berbagai bibit penyakit pada air.
  • Penyaring yang ketiga berupa pestisida sebagai penjernih kolom, pemberian pestisida ini tidak akan membunuh bakteri pengurai dalam kolam.
  • Penyaring yang keempat bisa berupa bebatuan atau tanaman yang dapat mengikat kotoran di sekitar kolam.

Dalam menggunakan penyaring ini usahakan dalam 2 minggu sekali air diganti agar zat-zat berbahaya dari sisa makanan tidak menjangkit ikan nantinya, derajat keasaman air atau pH yang cocok untuk ikan koi adalah 6.5 sampai 8.5 dan untuk menjaga sirkulasi air bisa dipasang pompa air yang dapat mengalirirkan air sebanyak 25 liter per menit, dengan diberikan pompa ini air akan tampak bersih.

Cara pemberian pakan yang baik pada

Pakan yang bisa diberikan pada ikan koi bisa berupa pakan alami atau pakan buatan namun sebaiknya berikanlah pakan yang seimbang yang mengandung nilai gizi sesuai dengan kebutuhan ikan dan berikanlah pakan tersebut 2 kali sehari dipagi dan sore hari. Untuk mempercepat pertumbuhan ikan bisa diberikan wheat germ, pakan ini mengandung protein tinggi seperti gandum, tepung udang, tepung ikan, dan juga bungkil kacang kedelai, sedangkan untuk mencerahkan warna tubuh ikan koi bisa diberikan pakan yang mengandung zat karoten seperti wortel, alga, semangka, sawi, kubis, cabai hijau dan yang lainnya, sedangkan pakan yang mengandung karoten yang berasal dari hewan bisa diberikan udang, kepiting, krill, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, cacing darah dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang cara merawat ikan koi, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaatuntuk kalian semua yang sudah maupun baru memulai memelihara ikan koi, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *