Beberapa cara merawat kelinci anggora dengan mudah

Beberapa cara merawat kelinci anggora dengan mudah

img by @imgarcade.com

Beberapa cara merawat kelinci anggora dengan mudah – Selamat datang di blog infopeternakan.com, setelah beberapa waktu yang lalu saya memberikan informasi tentang Tips usaha berternak kelinci pedaging, sekarang saya juga akan memberikan informasi seputar kelinci, namun berbeda dari artikel yang sebelumnya karena pada saat ini saya akan sedikit membahas tentang cara merawat kelinci, untuk spesifiknya kelinci yang saya akan bahas adalah kelinci anggora, kenapa saya pilih jenis kelinci ini karena menurut saya jenis ini termasuk dalam kategori kelinci hias yang perawatannya pun berbeda dengan kelinci biasa atau kelinci pedaging pada umumnya.

Secara umum kelinci anggora memang banyak disukai terutama oleh anak-anak karena mungkin bulunya yang berbeda dengan kelinci lain, bila kelinci lain bulunya terbilang pendek sedangkan jenis kelinci anggora bulunya lebih lebat sehingga terlihat unik yang menjadikannya terlihat lucu. Mungkin karena terlihat lucu dan menggemaskan jadi banyak orang yang suka memelihara kelinci ini, namun karena mungkin sebagian dari mereka baru pemula pemelihara kelinci jadi agak janggung dalam proses perawatannya, bukan karena apa tapi mengingat bulunya yang halus dan tipis seakan membuat takut rontok atau rusak bila perawatannya salah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara merawat kelinci yang baik, mungkin beberapa cara dibawah ini akan berguna bagi kalian yang baru pemula memelihara kelinci sehingga bisa dijadikan ilmu tambahan dalam merawat kelinci, untuk selengkapnya bisa kalian lihat dibawah ini.

Beberapa cara merawat kelinci anggora dengan mudah

  • Pastikan bahwa suhu udara kandang lebih dingin dari suhu kandang kelinci biasa.
  • Berikanlah makanan 3 kali sehari dan jangan berikan makanan yang banyak mengandung air.
  • Sebisa mungkin jangan terlalu sering dimandikan karena mengingat bulunya yang halus bisa mudah rontok.
  • Untuk kandangnya usahakan memiliki sirkulasi udara yang baik, sinar matahari bisa masuk yang terpenting jagalah kandang agar tidak lembab, adanya drainase supaya kotoran yang dikeluarkan dapat mengalir dengan baik dan yang terpenting jagalah kebersihan kandang.
  • Buatlah kandang dengan ukuran minimal 50×50 cm, serta buatlah tempat makan tersendiri yang lebih tinggi dari pijakan supaya makanannya tidak terinjak-injak.
  • Bila keadaan kelinci yang sudah siap berkembang biak, pindahkanlah kelinci ke kandang yang lebih luas.
  • Buatlah kotak kecil untuk persiapan kelinci melahirkan dan berikan rerumutan kering agar kelinci merasakan kehangatan.
  • Untuk makanannya berikan makanan yang masih fresh atau segar seperti dedaunan atau sayuran seperti kangkung, bayam dan yang lainnya.
  • Usahakan jangan sesekali mencuci sayuran yang akan diberikan kepada kelinci secara langsung karena kadar airnya bisa membesar.
  • Bila memungkinkan siapkan tempat tidur tersendiri agar tidak terinjak dan terkena kotorannya.
  • Bila anaknya sudah lahir dan beranjak dewasa jangan sampai terkena tanah yang lembab atau becek agar terhindar dari penyakit gatal.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara merawat kelinci, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *