Beberapa cara merawat bebek peking yang baik

Beberapa cara merawat bebek peking yang baik

img by @irwanmalik.blogspot.com

Beberapa cara merawat bebek peking yang baik – Bebek peking merupakan salah satu jenis bebek pedaging yang berasal dari peking, bebek ini bisa dikatakan cocok bila dibudidayakan di Indonesia. Dibandingkan dengan jenis yang lain, bebek ini relative lebih cepat dalam hal memanennya dari pada jenis bebek lain, selain itu bebek ini juga memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Karena harganya yang lumayan tinggi sehingga banyak masyarakat yang mencoba usaha ini bahkan saat mencari DOBnya harus pergi ke berbagai tempat di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Malang. Setelah dalam beberapa waktu lalu saya memberikan informasi tentang penyakit yang sering menyerang bebek, lalu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara merawat bebek peking.

Dalam usaha ternak bebek peking tentu ada beberapa cara merawat bebek peking dengan baik, hal ini harus dilakukan agar proses pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik sehingga keuntungan yang didapatkannya bisa maksimal, dalam proses perawatan bebek peking kalian harus mengetahui 3 fase yang harus dijalani, diantaranya:

Beberapa cara merawat bebek peking yang baik

  • Fase stater atau perawatan pada anakan bebek peking.

Pada fase ini perawatan anak bebek peking bisa dimulai dari umur anakkan 1 hari sampai 60 hari, dalam fase ini harus disediakan kandang khusus dengan diberikan pemanas berupa lampu sampai umur 14 hari karena diumur segitu anakan masih belum tahan terhadap dingin. Untuk makannannya bisa diberikan pakan yang kadar proteinnya antara 19 sampai 21 %, selama 60 hari anakan itu dirawat dalam kandang pembibitan, setelah lebih dari 60 hari bisa dipindah dalam kandang masa pertumbuhan.

  • Fase grower atau perawatan masa pertumbuhan bebek peking.

Fase grower atau pertumbuhan ini merupakan fase dimana anakan sudah mulai tumbuh dewasa, untuk itu kalian juga harus memperhatikan mana anakan yang baik untuk dijadikan indukan nantinya karena pada masa ini sudah terlihat mana calon indukan yang bagus atau tidak. Dalam periode ini anakan dapat dipelihara dalam kandang antara umur 61 sampai 150 hari dengan kapasitas 6 sampai 8 ekor per m².

  • Fase bertelur atau perawatan masa bertelur bebek peking.

Bila bebek sudah berumur 150 hari atau 5 bulan berarti bebek itu sudah dimasukkan dalam kategori itik layer atau secara fisik bebek ini sudah siap bertelur namun untuk masa bertelur normal sekitar umur 6 bulan. Dalam masa ini bebek peking ditaruh dalam kandang dewasa yang dilengkapi dengan tempat bertelur dan tempat umbaran dengan perbandingan 1 jantan dan 4 betina, oh iya jangan lupa memberikan tempat pemandian untuk bebek bisa berupa bak atau ember supaya bebek nantinya bisa membersihkan diri.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara merawat bebek peking, semoga informasi inibisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *