Apakah kamu tahu cara membedakan jenis kelamin burung love bird?

cara mudah membedakan jenis kelamin burung love bird

img by @fachrisuryari.wordpress.com

Apakah kamu tahu cara membedakan jenis kelamin burung love bird?Burung love bird merupakan salah satu burung kicau yang banyak diminati oleh para penghobi burung karena memiliki suara yang merdu saat berkicau dan juga warna-arni bulunya yang menjadikan burung ini semakin menawan. Di alam luar biasanya burung ini hidup berkelompok yang terdiri dari 5 sampai 20 ekor untuk setiap kelompoknya, burung ini disebut burung cinta atau yang populernya love bird karena mereka memiliki sifat kesetiaan tinggi pada pasangannya, mereka akan berpisah apabila salah satu dari mereka ada yang mati.

Burung yang memiliki paruh bengkok ini memiliki tubuh yang relatif kecil dibanding jenis burung paruh bengkok lainnya dengan panjang antara 13 sampai 17 cm dan bobot antara 30 sampai 60 gram.  Burung love bird betina bisa menghasilkan telur antara 3 sampai 6 telur setiap produksi dan mengeraminya selama kurang lebihnya 22 hari lalu apabila telur itu sudah menetas harus menunggu selama 4 sampai 5 minggu untuk melihat anak-anaknya keluar meninggalkan sarangnya. Saat dialam bebas burung ini lebih menyukai iklim terik di lahan yang kering, biasanya burung ini membuat sarang dicabang-cabang pohon, lubang pohon, atau bangunan yang sudah tidak ditempati seperti di perkebunan.

Selain untuk hobi sebenarnya burung ini juga bisa dijadikan usaha untuk mendapatkan keuntungan dengan cara membudidayakannya karena burung ini bisa beradaptasi berbagai iklim saat dipenangkaran, namun salah satu kendala yang harus dihadapi oleh pemula dalam usaha Burung love bird adalah cara membedakan antara burung love bird jantan dan betina, sebenarnya ini bukanlah suatu kendala berat dalam usaha budidaya love bird karena seiring berjalannya waktu pasti akan tahu cara membedakannya karena sudah terbiasa, untuk bisa membedakan jenis kelamin love bird bisa dengan melihat dari bentuk tubuh atau kebiasaan yang dilakukan saat disarang, untuk lebih jelasnya bisa membaca beberapa cara membedakan jenis kelamin love bird dibawah ini.

Apakah kamu tahu cara membedakan jenis kelamin burung love bird?

Dari bentuk tubuh

Bentuk tubuh love bird betina biasanya tubuhnya kekar dan memiliki berat tubuh yang lebih berat dari pada yang jantan, namun ini tidak sepenuhnya benar karena tidak jarang burung love bird betina berat tubuhnya jauh lebih kecil dari pada yang jantan.

Dari cara dia bertengger

Pada saat burung love bird bertengger ada jarak antar kaki yang lebar itu menandakan burung love bird betina, lalu apabila tidak ada jarak antar kakinya berarti itu love bird jantan.

Dari warna bulunya

Bila dari warna bulunya bisa dilihat bahwa warna bulu burung love bird jantan jauh lebih terang dari pada love bird betina.

Dari bentuk ekornya

Bentuk ekor love bird jantan biasanya lebih runcing dari pada love bird betina yang memiliki ekor yang cenderung lebih rata.

Dari bentuk paruhnya

Bila dilihat dari paruhnya love bird jantan mempunyai paruh yang berbentuk runcing yang bisa dilihat dari pangkal sampai ujungnya, sedangkan untuk yang betina memiliki paruh yang agak melebar kesamping apabila dilihat dari pangkal sampai ujungnya, cara ini biasanya dilakukan di umur lover bird antara 3 sampai 4 bulan.

Dari cara membangun sarang

Cara ini bisa dibilang akan bisa dilakukan apabila love bird sudah dewasa karena biasanya yang membangun sarang adalah love bird betina dengan mengambil cabang-cabang ranting untuk dikumpulkan, sedangkan yang jantan biasanya cenderung hanya menyuapi anaknya saja.

Demikianlah sedikit informasi cara mudah membedakan jenis kelamin burung love bird, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian yang tertarik memelihara burung love bird, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *